Kepedulian Media Online terhadap Isu Lingkungan: Laporan Penelitian Indeks

Kondisi lingkungan sangat mempengaruhi kualitas kehidupan manusia. Sayangnya, lingkungan belum menjadi isu “seksi” dalam pemberitaan media, tak terkecuali media massa online. Padahal, dengan daya jangkaunya yang menembus batas geografis, demografis, dan sosiokultural, media massa online dapat memainkan peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat.

Sehubungan dengan itu, Institut Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Indeks) melakukan penelitian pemberitaan tentang isu lingkungan di media pemberitaan online nasional. Penelitian dilakukan dengan melakukan survei pemberitaan di enam situs berita online terpopuler versi www.alexa.com, yaitu detik.com, tribunnews.com, kompas.com, liputan6.com, merdeka.com, dan tempo.com. Periode pemberitaan yang disurvei adalah antara 1 Januari 2016 dan 19 Desember 2016.

Karena bertujuan mengukur komitmen media terhadap isu lingkungan, penelitian difokuskan pada judul berita berdasarkan tema-tema lingkungan yang dibagi dalam 21 kategori, antara lain: pemanasan global, perubahan iklim, konservasi energi, dan sebagainya.

Dari hasil survei diketahui bahwa sepanjang periode 1 Januari 2016 hingga 19 Desember 2016 terdapat sebanyak 3.986 judul berita dalam 21 kategori tema lingkungan. Pemberitaan tentang sampah dan pengelolaannya merupakan tema yang paling banyak diberitakan oleh enam media online di atas.

Dari hasil penelitian tersebut juga diketahui bahwa tribunnews.com merupakan media berita online yang paling banyak mengangkat isu lingkungan dalam judul pemberitaan dibandingkan lima media online lain. Ini menunjukkan bahwa tribunnews.com adalah media yang memiliki komitmen tinggi dalam memberitakan isu-isu lingkungan.

Informasi lebih rinci tentang metodologi dan hasil penelitian bisa diperoleh dengan menghubungi Tim Indeks.(SH).

 

 

740total visits,1visits today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *