Kursus Online Melawan Narasi Terorisme

Sejak Juni 2017 hingga Maret 2018, Institut Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Indeks) dan Qureta melaksanakan sebuah program bertajuk “Pengarusutamaan Kampanye Narasi Kontra-Terorisme Berbasis Literasi Digital”, sebuah inisiatif yang dimaksudkan untuk meningkatkan keterlibatan generasi muda Indonesia dalam upaya-upaya melawan propaganda terorisme melalui media digital. Inisiatif ini berangkat dari keprihatinan atas maraknya propaganda terorisme di “dunia digital”, di mana generasi muda menjadi kelompok target utama dari propaganda tersebut.

Program bertujuan mendorong keterlibatan aktif generasi muda Indonesia dalam proses produksi dan diseminasi konten-konten digital yang mengkampanyekan narasi kontra-terorisme. Untuk mencapai tujuan ini, program mencakup sejumlah kegiatan peningkatan kapasitas bagi generasi muda sebagai kelompok target. Kapasitas dimaksud ialah wawasan tentang terorisme dan kontraterorisme dan keterampilan dalam memproduksi konten-konten digital untuk melawan propaganda terorisme.

Selain melalui 5 (lima) Workshop dan Pelatihan Menulis Esai Kontra-Terorisme di  5 (lima) kota di Indonesia (Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, dan Makassar), upaya peningkatan kapasitas juga dilakukan melalui penyelenggaraan CVE Online Training/Course melalui sebuah Sistem Manajemen Pembelajaran (Learning Management System) yang diintegrasikan dengan website qureta.com dan dapat diakses juga melalui website indeks.or.id. Aplikasi LMS CVE Online Training/Course menyediakan berbagai fitur pembelajaran jarak jauh berbasis Internet tentang topik-topik penting dalam rangka “Melawan Ekstremisme Brutal” (Countering Violent Extremism, CVE) yang memungkinkan peserta kursus mengakses mengikuti sesi-sesi dalam pembelajaran, materi dalam berbagai format digital, berdiskusi dalam forum, mengikuti ujian, dan sebagainya.

Sebagai proyek rintisan, LMS CVE Online Traing/Course ini pertama-tama disediakan dalam rangka pendalaman materi bagi para peserta workshop dan pelatihan CVE di lima kota, sehingga seluruh peserta workshop bisa mencapai standar kompetensi yang diharapkan. Hasil evaluasi atas daya dukung platform yang digunakan, aplikasi yang kembangkan, dan efektivitas pembelajaran akan menjadi bahan untuk pengembangan aplikasi LMS ke depan sehingga proses pembelajaran dapat diikuti oleh masyarakat secara lebih luas. Direncanakan pembelajaran jarak jauh sudah bisa diselenggarakan pada Desember 2017.

1351total visits,1visits today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *