Negara dan Terorisme

Mata kuliah ini membahas isu-isu seputar terorisme dalam perspektif kebijakan negara. Terorisme, bagaimanapun, adalah istilah yang sarat dengan muatan politis. Istilah ini sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama untuk menggambarkan suasana ketakutan yang meluas akibat hilangnya rasa aman dalam masyarakat. Muatan politis dalam istilah ini juga tampak dalam sejarah, di mana pihak yang dianggap sebagai pelaku teror memiliki cakupan yang luas, apakah individu ataupun kelompok, baik masyarakat dan bahkan negara itu sendiri.

Dalam konteks hubungannya dengan kebijakan negara, terorisme adalah sebuah kejahatan melawan hukum dengan motivasi politik untuk mengubah secara radikal tatanan sosial-ekonomi dan politik suatu negara melalui aksi-aksi kekerasan yang bertujuan menciptakan ketakutan dan rasa tidak aman secara luas di masyarakat. Dari perspektif ini juga, kekerasan dalam aksi-aksi terorisme juga berupaya mendelegitimasi wibawa negara sebagai satu-satunya pihak yang memiliki kewenangan memonopoli kekerasan untuk menciptakan ketertiban.

Dengan mengikuti kuliah ini, peserta diharapkan dapat memahami: (1) definisi terorisme; (2) elemen-elemen utama dalam aksi terorisme; dan (3) hubungan antara terorisme dan kebijakan negara.

 

Pengajar

Pengajar mata kuliah ini adalah Ali Munhanif, Dosen Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Peneliti di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebagai peneliti, Ali dikenal dengan fokus dan keahlian dalam isu-isu Islam dan Demokrasi, Civil Society, Pembentukan Negara, dan radikalisme, intoleransi, dan institusi politik. Ali menyelesaikan pendidikan doktoral di McGill University, Montreal Kanada. Gelar Master of Art (MA) diperoleh Ali dari Temple University, Amerika Serikat, sedangkan gelar sarjana diraihnya dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Ali dikenal sebagai penulis aktif di berbagai jurnal ilmiah nasional dan internasional maupun media massa. Selain itu, Ali juga sering diundang sebagai pemateri dalam berbagai kegiatan seminar dan lokakarya serta sebagai narasumber dalam wawancara di berbagai media.

 

 

 

131total visits,1visits today