Kursus Filsafat Politik

Tujuan

  • Mendiskusikan prinsip-prinsip etika dari berbagai aliran filsafat politik kontemporer
  • Mendiskusikan implementasi prinsip-prinsip etika dari beragam aliran filsafat politik kontemporer dalam kehidupan bernegara dan kebijakan publik.
  • Mendiskusikan posisi Pancasila sebagai Filsafat Politik Bernegara di Indonesia dalam dialektikanya dengan berbagai aliran filsafat politik kontemporer dan implementasinya dalam kebijakan publik.

Output

  • Memahami prinsip-prinsip etika dari berbagai aliran filsafat politik kontemporer, orientasi isu, dan formulasi kebijakan publik dari prinsip-prinsip tersebut;
  • Menganalisis kesenjangan antara idealisme dan realitas praktik kebijakan publik berdasarkan prinsip-prinsip etika dalam berbagai aliran filsafat politik kontemporer;
  • Mengembangkan gagasan tentang Pancasila sebagai filsafat politik dan formulasinya dalam kebijakan publik di Indonesia.

Manfaat

  • Meningkatnya sensitivitas atas keragaman aspirasi politik dari berbagai kelompok masyarakat dengan kepentingan dan orientasi nilainya masing-masing;
  • Terbangunnya kemampuan beragumentasi secara akademis dalam mendiskusikan berbagai isu politik dan kebijakan publik dalam berbagai forum, baik di lingkungan pemerintahan maupun organisasi masyarakat sipil;
  • Menguatnya citra positif atas kerja politik, sehingga politik tidak terutama dipersepsi sebagai seni meraih kekuasaan, tetapi sebagai kerangka etis untuk memperjuangkan kepentingan publik.

Peserta

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, peserta dibatasi paling banyak 30 orang. Secara umum, program dapat diikuti peserta dari berbagai kalangan yang memiliki minat dalam studi politik dan kebijakan. Secara khusus, politisi, pejabat pengambil kebijakan, tenaga ahli, pekerja sosial/aktivis, dan wartawan/pekerja media adalah profesi yang akan memperoleh manfaat paling relevan dengan aktivitas keprofesian dari program ini.

Narasumber

Materi-materi dalam kursus akan disajikan oleh sejumlah narasumber profesional, utamanya dari kalangan akademisi dalam bidang filsafat politik, ilmu politik, dan ilmu kebijakan publik dari institusi-institusi perguruan tinggi terkemuka di Indonesia seperti Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkarya, Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, dan sebagainya. Topik yang dibahas disesuaikan dengan spesialisasi materi yang dikuasai oleh masing-masing narasumber.

Tempat dan Waktu

Tentatif

Format, Frekuensi, dan Materi Pertemuan

Kursus diselenggarakan dalam 12 pertemuan dengan susunan materi sebagai berikut:

No.

Materi

1

Politik sebagai Seni Kekuasaan dan Formulasi Etis Penyelenggaraan Negara: Selayang Pandang Filsafat Politik Kontemporer

2

Politik untuk Kebajikan Publik: Gagasan Para Pemikir Yunani Kuno

3

Politik sebagai Seni Berkuasa: Machiavelli

4

Politik dan Etika Kedaulatan Rakyat: Reinventing Demokrasi

5

Utilitarianisme: The Greatest Happiness for The Greatest Number

6

Liberalisme Klasik: Individu sebagai Pemilik Kedaulatan

7

Komunitarianisme: Individu vis-a-vis Komunitas

8

Liberalisme Egalitarian dan Gagasan Negara Kesejahteraan

9

Libertarianisme: Kebebasan Individu dan Kritik atas Gagasan Negara Kesejahteraan

10

Multikulturalisme: Diversitas Budaya dalam Politik Kebangsaan

11

Pancasila sebagai Filsafat Politik Indonesia: Genalogi dalam Dialektika Aliran Filsafat Politik

12

Pancasila dalam Formulasi Kebijakan Publik: Antara Idealisme dan Realitas Empiris Negara Kesejahteraan

Registrasi

Pendaftaran dilakukan dengan menghubungi Tim Indeks u.p. Sukron Hadi, 0838-1154-5868.

650total visits,1visits today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *