Tentang Indeks

Institut Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (INDEKS) adalah organisasi masyarakat sipil yang bertujuan meningkatkan kualitas demokrasi dan kesejahteraan masyarakat berdasarkan prinsip-prinsip kebebasan individu dan kebebasan ekonomi, kesetaraan di depan hukum, dan voluntarisme sosial. Tujuan itu dicapai melalui sejumlah aktivitas seperti penelitian dan kajian sosial dan kebijakan publik; pendidikan, pelatihan, dan publikasi; dan pemberdayaan masyarakat.

INDEKS didirikan pada 2013 sebagai sebuah kelompok studi tentang politik, ekonomi, dan kebijakan sebelum kemudian berkembang sebagai sebuah perkumpulan berbadan hukum yang tercatat di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan nama “Lembaga Indeks” pada 2017. Pendiri Indeks adalah individu-individu yang berasal dari dua latar belakang profesi utama, yaitu pegiat lembaga swadaya masyarakat dan tenaga ahli kebijakan publik, yang sama-sama menaruh kepedulian yang besar terhadap isu-isu kebebasan, ekonomi pasar, hukum, dan kebijakan publik serta administrasi pemerintahan.

INDEKS percaya bahwa kebebasan sipil dan kebebasan ekonomi adalah dua prinsip yang harus diperkuat dalam rangka peningkatan kualitas demokrasi dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, Indeks terus memperluas jaringan kerjanya dengan berbagai organisasi pro-kebebasan dari dalam dan luar negeri.