Penelitian

Indeks melaksanakan dua jenis penelitian berdasarkan bidang keilmuannya, yaitu penelitian sosial dan penelitian kebijakan, baik dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif, atau gabungan keduanya. Teknik pengumpulan data/informasi yang digunakan dalam penelitian mencakup kajian literatur, wawancara mendalam, FGD, dan survei wawancara berbasis instrumen angket atau kuesioner. Data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis fenomenologi untuk penelitian kualitatif dan teknik analisis statistik untuk penelitian kuantitatif.

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan Indeks antara lain:

  • Survei Toleransi Beragama di Sekolah: Evaluasi atas Implementasi Metode LVE (2016), bekerjasama dengan Pusat Studi Agama dan Multikulturalisme, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang, dengan dukungan Program Pendidikan Hak Asasi Manusia, The Asia Foundation. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei wawancara berbasis instrumen kuesioner, dianalisis dengan statistik komparatif. Hasil penelitian tidak dipublikasikan.
  • Kinerja Menteri dalam Pencapaian Nawacita Nomor Tiga (2015), penelitian mandiri. Penelitian menggunakan pendekatan campuran dengan metode pengumpulan data FGD dan angket. Hasil penelitian dipublikasikan.
  • Pendidikan Islam dalam Agenda Kebijakan Pemerintah Daerah (2013), bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama, dalam rangka Program Apresiasi Pendidikan Islam. Penelitian menggunakan pendekatan campuran dengan metode pengumpulan data wawancara mendalam dan survei berbasis kuesioner. Hasil penelitian dipublikasikan terbatas.

 

432total visits,2visits today