Ekstremisme dan Sakralitas Agama

Mata kuliah ini membahas kaitan antara ekstremisme dan dimensi-dimensi mitis agama, di mana agama mengandung elemen-elemen “Suci” (The Sacreds). Tercermin antara dalam bentuk tokoh, ruang, waktu, dan peristiwa yang berasal dari periode kelahiran suatu agama, seluruh elemen mitis ini memberikan makna kehadiran agama bagi para pemeluknya.

Elemen-elemen mitis agama berperan dalam pembakuan agama sebagai institusi sosial formal dan memberi watak sakral bagi agama dalam ruang dan waktu sejarah kehidupan manusia. Sakralitas agama ini tak lepas dari peran sebagian pemeluknya yang cenderung membentengi agama dari kritik, yang mengakibatkan agama mengalami pembekuan di hadapan dunia yang terus -menerus berubah. Ekstremisme, dalam hal ini, merupakan konflik yang lahir dari kesulitan sebagian pemeluk agama dalam beradaptasi dengan perkembangan dunia karena gagal membebaskan diri dari “masa lalu yang suci”.

Dengan mengikuti mata kuliah ini, peserta diharapkan dapat: (1) memahami dimensi-dimensi mitis agama; (2) peran dimensi-dimensi mitis agama dalam proses sakralisasi agama; dan (3) hubungan antara sakralitas agama dan kecenderungan ekstremisme dalam beragama.

Pengajar

Ismatu Ropi adalah dosen sosiologi agama di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain mengajar, dia juga merupakan Lektor Kepala dan Direktur Riset di Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2014-2019), dengan fokus dan keahlian dalam kajian teori-teori agama, gerakan agama-agama baru, dan hubungan antara agama dan negara di Indonesia, terutama dalam konteks regulasi agama. Ismatu Ropi meraih gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) dari School of Culture, History, and Languages, The Australian National University (2012), setelah sebelumnya mendapatkan gelar Master of Art dari McGill University, Montreal, Kanada (1998), dan menyelesaikan pendidikan sarjananya di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta (1993). Dalam kapasitasnya sebagai dosen dan peneliti, Ismatu Ropi telah menulis beberapa buku tentang hubungan agama dan negara di Indonesia, Islam dan Civil Society, dan Pendidikan Islam di Indonesia. Sejumlah artikelnya juga telah dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional dan internasional dan berbagai media massa di Indonesia.

41total visits,1visits today