Sekilas

Institut Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Indeks) didirikan untuk berkontribusi dalam konsolidasi demokrasi dan peningkatan kesejahteraan sosial di Indonesia.

Demokrasi, dengan prinsip kedaulatan rakyat sebagai fondasinya, merupakan sistem politik terbaik untuk bangsa Indonesia. Demokrasi memberikan ruang yang luas bagi setiap warga sebagai pemilik kedaulatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam upaya-upaya pembangunan. Melalui demokrasi, cita-cita kesejahteraan sosial sebagai tujuan kenegaraan direalisasikan melalui kebijakan pembangunan yang sepenuhnya didasarkan atas kebajikan publik.

Indeks percaya demokrasi dan kesejahteraan sosial bersifat saling menguatkan. Kebermaknaan demokrasi Indonesia, pada satu sisi, bergantung pada sejauh mana demokrasi mendorong kesejahteraan sosial. Pada sisi lain, kesejahteraan sosial membutuhkan demokrasi sehingga sungguh-sungguh merepresentasikan kehendak dan kepentingan rakyat sebagai pemilik kedaulatan.

Bergerak sebagai lembaga non-pemerintah independen yang fokus pada isu-isu demokrasi dan kebijakan, Indeks mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat dalam kerangka politik, ekonomi, dan budaya yang demokratis dengan berpijak pada nilai-nilai kebebasan, kesetaraan, dan solidaritas.